Minggu, 18 Desember 2011

MS-DOS

I. SEJARAH MS-DOS
Ms-DOS dibuat oleh perusahaan pembuat komputer yang bernama seattle computer product (SCP) yang dikepalai Tim Patterson yang belakangan dirakrut microsoft untuk mengembangkan DOS pada 1980 sebagai perangkat lunak 50 dengan nama Q-DOS (Quick and dirty operating system) diubah menjadi 86 DOS. Microsoft membeli lisensi dengan $ 50.000 USA lalu mengubahnya menjadi Ms-DOS. Selanjutnya, IBM akan meluncurkan komputer pribadi yang disebut IBM-PC, microsoft pun menjual lisensi Ms-DOS kepada IBM.
IBM dan Microsoft merilis versi-versi DOS, dimana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM-PC disebut dengan IBM PC-DOS (International Bussiness Machine Personal Computer Disc Operating System). Pada awalnya IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari Ms-DOS yang dirilis oleh Microsoft. Seperti program-program lainnya / utilitas yang disertakannya. Karena itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan Ms-DOS. Tapi MS-DOS versi 4.0 adalah versi Ms-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IIBM-PC-DOS, karena microsoftt sedang berkonsentrasi mengembangkan 50 penerus DOS yang disebut 05/2.
Microsoft ketika merealisasikan DOS ke IBM, menandatangani perjanjian lisensi salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan Ms-DOS kepada selain IBM dan para perusahaan tersebut dipersilahkan mengubah nama Ms-DOS menjadi nama yang mereka gunakan (Tandy-DOS). Kebanyakan versi tersebut tentu saja sama dengan versi Microsoft dengan Windows. Microsoft mencabut lisensianya sehingga para perusahaan lain harus menggunakan nama Ms-DOS. Hanya Ibm yang diberi keleluasaan untuk terus menggunakan IBM-PC-DOS, buakan Ms-DOS.
MS-DOS berkembang cepat, dengan fitur-fitur yang signifikan seperti Microsoft Xenix salah satu varian sitem operasi UNIX dikembangkan Microsoft dan DR-DOS milik digital Research, produk utilitas lainnya seperti Norton Utilitis dari Systemantec Corporation, DC Tools dari Cental Point, QEMM dari quarterdeck dll
Intel Corporation memperkenalkan mikropessor yang disebut intel 80286 Microsoft dan IBM membuat operasi pengganti DOS yang disebut 05/2, yang pada dasarnya versi MS-DOS berjalan modus terproteksi. Tapi Microsoft meninggalkan proyek 05/2 untuk memfokuskan pada Ms.Windows dan Ms.Windows.NT.

II. Perintah DOS secara umum
1. Cd = Pindah directori. misalnya : cd windows untuk pindah ke direktori windows.
2. Copy = meng-copy file text.
3. Copy file I.txt file baru.txt = mengcopy file I.txt nama file hasil copy-an adalah file baru.txt. Jadi akan terdapat file.txt dan terbaru.txt dengan nama file yang akan anda copy.
4. Copy file I.txt c:\data\file terbaru.txt = mencopy file I.txt ke direktori data pada drive C (nama file hasil copy-an adalah file I.txt)
5. Copy fileI.txt c:\data\file terbaru.txt = mangcopy file I.txt ke direktori data dengan nama file hasil copy-an file baru.txt.
6. Dir = menami=pilkan file dan directory
7. Dird = membuka file directory d.
8. Dir/w = menampilkan file dan directory secara singkat (Cuma menampilkan nama file/ directory saja tidak ada keterangan ekstensi, ukuran file, tanggal dan jam)
9. Ren = mengganti nama file.
10. Ten file lama.txt file baru.txt = mengganti nama file lama.txt menjadi file baru.txt.

III. Specifikasi
Micro komputer adalah salah satu contoh komputer yang menggunakan 50 DOS. Komputer ini menggunakan micro processor sebagai CPU utamanya. Dikenal sebagai PC, home computer, small, bussiness computer kecepatan 4.47 Mhz,RAM s/d 0.967bytes (40 DC), RAM 16,384 bytes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar